Nego-Diplomasi-Marketing
Nego-Diplomasi-Marketing harus melalui
proses loby (pendekatan). Sebelum masuk kediplomasi kita harus mengetahui
perbedaan PR dan Marketing. PR dan marketing hampir sama dan memiliki
perbedaan. PR yang berada diposisi paling atas bertugas untuk menjual. PR lebih
luas dari marketing. Negosiasi diakhiri dengan kesepakatan, sedangkan loby
diakhiri dengan agenda pertemuan atau kata “oke”. Setelah mengetahui loby dan
nego barulah kita masuk kediplomasi, Diplomasi yaitu hubungan kerjasama atau
hubungan resmi antar negara. Diplomasi harus memiliki kebijakan manajemen
internasional karna seorang diplomat akan dikirim kenegara-negara bukan
antarkota. Diplomat harus memiliki wawasan dan bisa berbahasa asing. Dalam diplomasi
ada unsur pokok yaitu negosiasi. Setelah membahas diplomasi, selanjutnya
marketing. Periklanan sama dan beda dengan PR, bukan berarti PR tidak
menggunakan strategi periklanan. Periklanan PR bertugas untuk menjual citra
perusahaan (company corporate image). Konsekuensi tugas marketing memberi
dukungan pada marketing dan menjaga factor diluar produk (produk titipan atau
suplay). Seorang marketer harus memiliki sifat ramah dan mencapai target. PR
And Marketing Is New A Partnership.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar